PINTU AIR OTOMATIS

MINIMALISIR BANJIR, BINA MARGA TERAPKAN PINTU AIR OTOMATIS,

 Untuk membantu menimalisir banjir akibat luapan air sungai, Dinas Bina Marga, Pengairan Pertambangan dan Energi Kota Tasikmalaya sejak tahun anggaran perubahan 2015 kemarin sudah menerapkan pintu air otomatis. Kepala Seksi Pembangunan Bidang PSDA Dinas BMPPE Kota Tasikmalaya Sandi Lesmana, ST mengatakan sampai saat ini pihaknya baru memasang satu titik pintu air otomaris tersebut yakni di saluran air Argasari.

“Dan pada tahun ini, kami akan memasang dua titik lagi yakni di Leuwi Munding dan sungai Cibadodon. Alasannya, karena pintu air yang ada sudah tidak bisa menjawab kebutuhan, apalagi personil kami terbatas. Untuk itu, sementara ini kami terapkan dua titik itu dulu,”

Ia menerangkan, pintu air otomatis merupakan hasil karyanya ketika mendapatkan tugas untuk membuat karya pada pendidikan kemarin. “Hasil itu kami terapkan dan Alhamdulillah dengan menggunakan penutupan air otomatis tersebut, selain membantu memininmalisir banjir juga menghemat anggaran karena pintu itu lebih murah,” katanya.

Sandi menuturkan, sistem kerja pintu air otomatis tidak menggunakan tenaga listrik melainkan dengan menggunakan grafitasi pintu dan tekanan volume air sehingga pintu akan membuka dan menutup dengan sendirinya. “Mudah-mudahan dengan keberadaan pintu air otomatis bisa meminimalisir banjir untuk meringankan beban Pemkot dan juga menjawab harapan semua yakni Tasik Tuus atau bebas tumpahan air,” pungkasnya.